Cara Mengobati Diare Secara Tradisional Alami

Cara

Diare merupakan salah satu dilema gangguan pencernaan yang sering dialami oleh orang - orang pada ketika ini. Diare dapat menyerang siapa saja baik orang tua, dewasa, anak - anak bahkan bayi yang masih kecil pun mampu mengalaminya.

Diare terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik sehingga membuat penderitanya sering mengalami mencret atau BAB yang berair.

Diare mampu disebabkan oleh banyak sekali hal, namun secara umum penyebab utama diare yaitu nanah virus, nanah bakteri, kecemasan, intoleran makanan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi, penyakit sindrom irirtasi usus serta penyakit lain menyerupai penyakit crohn dan kolitis ulserativa.

Bukan hanya mencret saja, diare juga biasanya disertai dengan gejala sakit perut, kembung, mual serta dehidrasi.

Perawatan lebih lanjut dengan dokter terkait memang merupakan solusi terbaik, namun jikalau anda merasa diare yang sedang anda alami tidak terlalu parah, pengobatan diare secara alami juga dapat menjadi pilihan terbaik.

Anda dapat dengan mudah menyingkirkan diare dengan banyak sekali pengobatan alami yang mampu anda buat sendiri dirumah.

Berikut beberapa obat diare tradisional alami yang telah terbukti berdasarkan penelitian :

1. Sawo manila

Buah yang biasa tumbuh dipekarangan rumah ini ternyata sangat ampuh sekali untuk mengatasi diare. Seperti yang dikemukakan oleh Juwita , Jessy (2013) dalam jurnal penelitiannya yang berjudul AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH MUDA, DAUN DAN KULIT BATANG SAWO MANILA (Manilkara zapota (L.) Van Royen) TERHADAP Vibrio cholerae DAN Clostridium perfringens. Buah sawo sangat memiliki kegunaan sebagai obat diare karena sawo memiliki banyak sekali macam kandungan alami didalamnya menyerupai tannin, saponin, dan falvonoida yang dapat ditemukan pada buah, daun dan batangnya.

Getah, daun dan buah sawo muda dapat direbus lalu dikonsumsi untuk menghentikan diare. Selain itu kulit kayu sawo juga dapat dijadikan teh lalu diminum untuk menghentikan diare.

2. Daun sirsak

Jika anda mengalami diare, daun sirsak merupakan salah satu pilihan materi alami yang wajib anda coba. Karena menurut jurnal penelitan I Made Agus Sunadi Putra yang berjudul UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annonae muricata L.) DENGAN METODE DIFUSI AGAR CAKRAM TERHADAP Escherichia coli. Daun sirsak mengandung saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai desinfektan-antiseptik serta antibakteri. Selanjutnya untuk menerima manfaat daun sirsak sebagai obat diare alami dapat dengan cara merebus daun sirsak kemudian meminum airnya secara rutin setiap hari.

3. Yoghurt

Tidak perlu repot - repot untuk menghilangkan diare, karena materi makanan yang banyak tersedia dikulkas ini juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi diare. Hal ini dikarenakan yoghurt banyak mengandung basil hidup seperti lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Ini yaitu basil baik sehingga jikalau masuk kedalam perut akan membantu memulihkan basil baik pada usus dan menyingkirkan basil buruk penyebab diare pada usus.

Pernyataan ini juga didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Assosiation pada tahun 2009. Peneliti menemukan bahwa prebiotik dapat membantu mengurangi diare terkait antibiotik.

Cara mengobati diare dengan yoghut juga sangat mudah sekali, cukup dengan mengkonsumsi yoghut setiap hari dapat membuat perut anda terhindar dari diare. Untuk menerima manfaat yang maksimal anda juga dapat menambahkan 1 buah pisang ketika makan.

4. Pisang

Pisang merupakan rekomendasi terbaik untuk membantu mengatasi diare yang kini sedang anda alami. Karena selain enak dan mudah untuk didapatkan, buah pisang sendiri memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin sendiri yaitu suatu serat yang dapat larut dalam air dan ampuh sekali untuk mengurangi diare.

Selain itu pisang juga tinggi kalium, elektrolit, yang dapat mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh.

Untuk menerima manfaat pisang sebagai obat diare alami, anda cukup memakan beberapa pisang masak setiap hari hingga diare benar - benar hilang. 

5. Teh chamomile

Ketika sedang diare biasanya disertai dengan gejala sakit perut dan mual. Untuk membantu mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan teh chamomile.

Teh chamomile memiliki sifat antispasmodic yang dapat mengurangi rasa sakit dan mual pada perut tanggapan diare serta membantu mengurangi peradangan usus.
  • Siapkan 1 sendok teh bungan chamomile, 1 sendok teh daun peppermint dalam secangkit air mendidih.
  • Aduk lalu diamkan selama 10 menit.
  • Kemudian saring dan minum hingga habis.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari.

6. Makan nasi putih

Diare dapat membuat BAB menjadi encer, sehingga kita hanya perlu membuatnya lebih padat yaitu dengan banyak mengkonsumsi nasi putih.

Nasi putih sangat efektif untuk menghilangkan diare yang encer karena nasi putih mengandung banyak serat yang dapat membantu memadatkan BAB.

Anda hanya cukup mengkonsumsi banyak nasi putih tanpa campuran ketika diare ini menyerang hingga BAB yang anda keluarkan tidak encer lagi.

7. Sup wortel

Sup wortel sangat baik sekali untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami diare. Hal ini dikarenakan sup wortel memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik sekali bagi penderita diare. Sangat penting sekali mencukupi asupan nutrisi ketika mengalami diare karena selama diare perembesan nutrisi pada perut cenderung tergangu dan tidak terserap dengan sempurna.

Cukup anda buat sup wortel dan anda konsumsi secara rutin ketika sedang mengalami diare, anda juga dapat mengkonsumsinya bersama dengan nasi putih.

8. Penuhi asupan cairan

Selama mengalami diare biasanya badan akan kekurangan cairan karena cairan selalu dikeluarkan melalui BAB tanpa proses perembesan yang sempurna. Oleh alasannya yaitu itulah jikalau anda mengalami diare usahakan untuk mencukupi asupan air setiap hari sehingga badan anda tidak mengalami dehidrasi.

Usahakan untuk mengkonsumsi air setidaknya 8 gelas setiap hari biar cairan dalam badan anda tetap terkontrol dan anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat bedampak buruk terhadap ketahanan badan anda.

Itulah tadi beberapa cara mengobati diare secara tradisional alami, sebagai suplemen dibawah ini juga telah aku sediakan beberapa berita penting perihal cara mencegah diare biar anda dapat selalu waspada terhadap diare dikemudian hari.

Cara mencegah diare

  • Mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, terutama setelah beraktifitas menyerupai berkebun, BAB, menceboki anak, bermain dengan binatang peliharaan.
  • Bersihkan sela - sela kuku anda
  • Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang
  • Makan makanan yang dimasak dari bahan-bahan yang segar
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat
  • Minum air yang bersih dan sehat.
  • Hindari makanan yang sudah kadaluarsa
  • Bersihkan selalu toilet anda dengan cairan pembersih
Masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli terhadap diare. Mulai sekarang mari kita mulai gerakan Indonesia bebas diare.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Diare Secara Tradisional Alami"

Post a Comment