Cara Mengatasi Hidung Tersumbat ( Mampet ) Secara Alami

Hidung

Hidung tersumbat atau mampet merupakan salah satu problem yang sangat menjengkelkan sekali, sebab selain membuat kita merasa tidak nyaman, mengalami hidung tersumbat juga dapat membuat kita sulit sekali untuk bernafas.

Hidung tersumbat dapat menyerang siapa saja baik orang tua, remaja, dewasa, anak - anak maupun bayi. Dan apesnya hidung tersumbat tidak hanya menyerang hidung sebelah saja, namun kedua hidung pun bisa terkena problem ini secara bersamaan.

Penyebab hidung tersumbat biasanya dikarenakan oleh flu dan pilek. Flu dan pilek menghasilkan lendir yang kemudian menyumbat terusan pernafasan pada area hidung kita.

Namun menurut healthline beberapa kondisi medis lain juga dapat mensugesti timbulnya problem hidung tersumbat tersebut, beberapa kondisi medis tersebut diantaranya ialah :
  • Rhinitis
  • Pilek
  • Nasal polips
  • Masuk angin
  • Influenza
  • Alergi rhinitis
  • Kelainan septum
  • Infeksi sinus
  • Adenoids membesar
  • Alergi
  • Cedera hidung
  • Frontal sinusitis
  • Alergi asma
  • DLL
Walapun bukan termasuk kedalam suatu problem kesehatan yang serius, namun hadirnya hidung tersumbat ini membuat kebanyakan orang merasa sangat risih sekali, apalagi kalau hidung tersumbat tersebut hingga datang terus menerus dan berkepanjangan, tentu saja hal ini sangat menyiksa sekali bukan ?

Ada aneka macam cara untuk mengatasi problem hidung tersumbat, baik dengan menggunakan obat - obatan yang banyak beredar luas diapotik maupun dengan resep obat dari dokter terkait, namun kalau anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dan ingin cepat - cepat meredakan hidung tersumbat, beberapa cara alami berikut ini juga dapat anda gunakan untuk membatu mengatasi problem hidung tersumbat yang kini sedang anda alami.

Berikut dibawah ini beberapa cara mengatasi problem hidung tersumbat secara alami yang dapat anda terapkan dirumah :

Mengatasi hidung tersumbat dengan bawang putih

Bawang putih merupakan materi dapur yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi problem hidung tersumbat. Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antijamur yang dapat mengatasi problem hidung tersumbat dengan cepat dan mudah.
  • Siapkan 2 siung bawang putih dan 1 gelas air.
  • Rebus bawang putih tersebut dengan air yang ada digelas hingga mendidih, anda juga dapat menambahkan satu setengah sendok teh abu kunyit.
  • Minum ramuan ini setiap hari untuk mempercepat penyembuhan hidung mampet.

Mengatasi hidung tersumbat dengan uap inhalasi

Ini merupakan terapi untuk menyembuhkan hidung tersumbat yang paling populer dikalangan masyarakat. Uap inhalansi bekerja sebagai ekspektoran alami untuk membersihkan hidung tersumbat serta membantu melumasi terusan pernafasan dari kemacetan.

Cara melaksanakan terapi uap inhalansi juga sangat mudah sekali, anda dapat menghirup uap nasi dikala anda sedang menanak nasi, atau anda juga dapat membuat terapi khusus dengan merebus biji ajwain kedalam air mendidih kemudian menghirup uapnya, kalau anda menyukai aromaterapi anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint kedalamnya.

Perhatian : namun terapi menghirup uap pada umumnya tidak dianjurkan dilakukan oleh anak - anak, ibu hamil, orang yang menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan sistem saraf pusat. Periksa dan konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda dengan dokter terkait.

Mengatasi hidung tersumbat dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi problem hidung tersumbat, cara ini juga telah banyak dilakukan dimasyarakat dan akibatnya ampuh sekali. Minyak kayu mengandung dekongestan dan sifat anti inflamasi yang dapat meluruhkan lendir pada hidung anda.

Cara memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengatasi problem hidung tersumbat juga sangat sederhana sekali, anda dapat meneteskan 2 - 3 tetes minyak kayu putih kedalam sapu tangan dan menghirup aromanya beberapa kali dalam sehari.

Andu juga dapat menerapkan minyak kayu putih ini pada bantal tidur anda, sehingga anda bisa menerima manfaat minyak kayu putih ini bahkan dikala anda sedang tidur nyenyak.

Mengatasi hidung tersumbat dengan air hangat

Ini merupakan cara yang paling mudah sekali untuk mengatasi problem hidung tersumbat, anda hanya memerlukan air hangat untuk melakukannya.

Jika anda mengalami problem hidung tersumbat, penting sekali untuk membantu memperlancar pedoman lendir pada hidung anda. Dan air hangat dapat membantu dalam hal ini.

Selain itu air hangat juga dapat menjaga terusan hidung anda tetap lembab dan mencegah terusan hidung untuk mengering.

Untuk menerima manfaat air hangat sebagai solusi menghilangkan hidung tersumbat, anda dapat mandi dan berendam kedalam air hangat selama beberapa menit sambil menghirup uap air hangat nya, untuk menerima hasil yang maksimal dikala berendam usahakan untuk menutup kamar mandi anda, biar uap air hangat nya dapat keluar dengan sempurna.

Pilihan lain untuk untuk menerima manfaat air hangat sebagai solusi hidung mampet ialah dengan membasahi kain lap dengan air hangat dan letakkan pada wajah anda, biarkan selama 10 - 15 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Mengatasi hidung tersumbat dengan cuka sari apel

Solusi alami untuk mengatasi problem hidung tersumbat lainnya ialah dengan menggunakan cuka sari apel. 

Cuka sari apel dapat membersihkan hidung tersumbat sebab cuka sari apel kaya akan kandungan nutrisi baik didalamnya, yang dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung anda dengan cepat serta bisa meningkatkan sistem kekebalan badan anda.
  • Siapkan 2 sendok makan cuka sari apel dan 1 gelas air hangat.
  • Campurkan cuka sari apel kedalam air hangat tersebut.
  • Lalu minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari selama beberapa hari.

Mengatasi hidung tersumbat dengan teh herbal

Jika anda pencinta minuman teh, kabar baik buat anda, sebab teh dapat juga kita manfaatkan untuk membantu mengatasi problem hidung tersumbat yang sedang anda alami.

Teh herbal panas dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung dengan cepat dan mudah, selain itu kandungan alami pada teh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan badan anda.

Untuk menerima manfaat teh ini cukup anda minum teh secara rutin setiap hari, apalagi dikala problem hidung tersumbat sedang menimpa anda. 

Mengatasi hidung tersumbat dengan lada hitam

Siapa sangka ternyata salah satu bumbu dapur ini juga sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi problem hidung tersumbat.

Aroma lada hitam dapat membuat kita bersin - bersin, sehingga dapat dengan mudah mengeluarkan lendir dan alergen pada hidung kita.
  • Ambil sedikit lada hitam dan letakkan pada telapak tangan anda, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak wijen diatasnya.
  • Celupkan jari anda kedalam ramuan dan terapkan dibawah hidung anda.
  • Hirup aroma lada tersebut, hingga anda bersin - bersin.
  • Ulangi beberapa kali cara ini seperlunya.

Mengatasi hidung tersumbat dengan air fenugreek / klabet

Fenugreek atau klabet ( dalam bahasa Indonesia ) memang masih terdengar abnormal ditelinga kita, namun khasiat fenugreek untuk membantu problem hidung tersumbat ternyata sangat ampuh sekali.

Fenugreek mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu membersihkan selaput lendir dan panas serta kelembapan dari teh fenugreek dapat membantu mengencerkan lendir.
  • Siapkan 1 - 2 sendok teh biji fenugreek dan 1 gelas air.
  • Campurkan fenugreek tersebut kedalam air kemudian rebus samapai mendidih.
  • Jika sudah hangat, saring lalu ambil airnya saja.
  • Minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari.
Itulah tadi beberapa cara mengatasi hidung tersumbat ( mampet ) secara alami yang dapat anda terapkan dirumah, kalau problem tidak kunjung sembuh segeralah berobat ke dokter terkait ya....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat ( Mampet ) Secara Alami"

Post a Comment