Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar ( Menurut Depkes dan WHO )

Cara

Mencuci tangan merupakan salah satu kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan semenjak dini. Kebiasaan ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan insan karena dengan rajin mencuci tangan dapat menghindarkan kita dari aneka macam macam penyakit berbahaya.

Mengapa harus mencuci tangan

Hal inilah yang kurang dipahami masyarakat awam, karena mereka tidak tau alasan mengapa mencuci tangan itu sangat penting sekali.

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, tangan yaitu anggota tubuh yang paling banyak digunakan untuk melaksanakan acara sehari - hari ibarat makan, minum, menyiapkan makanan dan lain - lain.

Sehingga tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah kita terhindar dari aneka macam macam penyakit, terutama penyakit menular yang dapat disebabkan oleh aneka macam macam bakteri, kuman dan virus yang bersarang pada tangan kita yang kotor.

Beberapa penyakit yang secara signifikan dapat dicegah oleh kebiasaan mencuci tangan yaitu ;
  • Diare
  • Pneumonia
  • Infeksi cacing
  • Infeksi mata
  • Penyakit kulit
  • Dll

Kapan waktu mencuci tangan yang baik

Cuci tangan dapat kita lakukan kapan saja, terlebih lagi jikalau anda merasa tangan anda kotor, namun waktu yang sempurna untuk mencuci tangan yaitu saat sebelum menyiapkan makanan dan setelah beraktifitas ibarat berkebun, buang air besar, menceboki anak, menggunakan pestisida / insektisida, memegang uang, memegang binatang dan lain - lain.

Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar 

Selanjutnya menurut Menkes, mencuci tangan yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan sabun serta memperhatikan beberapa teknik mencuci tangan yang baik dan benar.

Teknik mencuci tangan yang baik dan benar dapat kita lakukan dengan menggunakan 2 cara, cara yang pertama dapat kita teladan dari proposal Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan cara kedua dapat kita teladan dari tubuh kesehatan dunia WHO.

Cara cuci tangan 6 langkah menurut WHO

Menurut WHO cara mencuci tangan yang baik dan benar terbagi menjadi 6 langkah. Ini merupakan teknik jitu untuk mencuci tangan, sehingga basil yang menempel pada tangan dapat benar - benar terbunuh.

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia. Mereka mengamati 42 dokter dan 78 perawat yang rajin membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik dengan suplemen alkohol setelah merawat pasien risikonya cara ini lebih efektif daripada mencuci tangan pada umumnya.

Berikut 6 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO ibarat dikutip dari laman Daily Mail, 11 April 2016.
  • Pertama cuci terlebih dahulu telapak tangan anda hingga pertengahan lengan menggunakan air bersih yang mengalir, ambil sabun, lalu gosok dan usap kedua telapak tangan anda secara lembut menggunakan sabun tersebut.
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan anda secara bergantian.
  • Agar lebih maksimal, jangan lupa jari - jari tangan anda juga gosok hingga bersih secara bergantian.
  • Dan pastikan semua ujung jari anda juga dibersihkan hingga bersih dengan mengatupkannya.
  • Kemudian gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan - lahan. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan gerakan memutar. Langkah akhiri dengan membasuh seluruh episode tangan anda menggunakan air bersih yang mengalir dan keringkan menggunakan kain atau tisu bersih.

Cara cuci tangan 7 langkah menurut depkes

Selain dengan menggunakan teknik mencuci tangan yang di anjurkan oleh WHO, kita juga dapat menggunakan teknik mencuci tangan yang dianjurkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Cara mencuci tangan menurut WHO dan depkes sebetulnya sama saja, karena mencuci tangan menurut depkes merupakan pengembangan cara mencuci tangan dari WHO.

Berikut cara mencuci tangan 7 langkah menurut depkes.
  • Pertama cuci terlebih dahulu kedua tangan anda menggunakan air bersih yang mengalir. Ambil sabun, lalu ratakan pada kedua telapak tangan anda.
  • Gosok secara merata dan bergantian kedua telapak tangan anda serta jari - jari anda serta punggung telapak tangan anda dan sela - sela jarinya.
  • Bersihkan juga ujung jari - jari anda dengan mengatupkannya.
  • Gosok ibu jari tangan kiri memutar dengan menggenggamnya menggunakan tangan kanan, lakukan juga untuk ibu jari sebelah kanan.
  • Gosok ujung jari - jari anda di telapak tangan dengan gerakan memutar secara bergantian.
  • Gosok juga pergelangan tangan anda secara bergantian.
  • Akhiri dengan membilas tangan anda menggunakan air bersih yang mengalir lalu keringkan dengan kain atau tisu bersih.
Itulah tadi beberapa cara mencuci tangan yang baik dan benar, selain dengan memperhatikan beberapa cara diatas, untuk menerima hasil yang maksimal saat mencuci tangan, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips mencuci tangan yang baik dan benar ibarat dibawah ini.

Tips mencuci tangan yang baik dan benar

  • Selalu gunakan air bersih dan streril untuk mencuci tangan. Air bersih dan streil yang dimaksud yaitu air yang jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna.
  • Gunakan sabun untuk mencuci tangan. Untuk menerima hasil yang maksimal, sangat penting sekali untuk menggunakan sabun saat mencuci tangan, karena sabun dapat membantu pelepasan debu, kotoran dan basil yang banyak menempel pada tangan kita. Rekomendasi sabun terbaik untuk mencuci tangan yaitu sabun yang memiliki kandungan anti septik, anti basil dan anti kuman ibarat sabun - sabun yang banyak di iklankan di televisi.
  • Cuci tangan pakai air yang mengalir. Cuci tangan yang baik yaitu dengan menggunakan air yang mengalir, hal ini dikarenakan air mengalir dapat membantu membawa kotoran, debu dan kuman luruh terbawa oleh air. Anda dapat mencuci tangan menggunakan air mengalir ibarat pada air keran, wastafel, maupun air gayung yang disiramkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar ( Menurut Depkes dan WHO )"

Post a Comment